Daftar Cabup di PAN dan PPP, Syahrul Munir Singgung Nasib Miris Petambak di Gresik

oleh Khanif Rosidin
Bacabup Gresik M. Syahrul Munir saat menyerahkan Vespa beserta surat kendaraan kepada Ketua DPD PAN Gresik Faqih Usman disaksikan seluruh jajarannya. (Foto: Khanif Rosidin/Infogresik)

INFOGRESIK – Kondisi petambak di Kabupaten Gresik kian hari semakin miris. Tak hanya sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, mereka juga dihadapkan pada mahalnya harga pakan ikan dan anjloknya harga hasil panen.

Persoalan itu disinggung Bakal Calon Bupati (Bacabup) Gresik, Muhammad Syahrul Munir (33) saat mendaftar penjaringan di DPD PAN Gresik dan DPC PPP Gresik, Rabu (29/5/2024).

“Petani dan petambak perlu diperhatikan. Pemerintah pusat sudah mencabut pupuk bersubsidi untuk petambak. Sementara di Pemkab Gresik tidak ada usulan pemberian pupuk untuk petambak. Padahal secara hitungan itu bisa dilakukan Pemkab Gresik,” ujar Syahrul didampingi Anggota DPRD Gresik Fraksi PKB Abdullah Hamdi.

Untuk mengatasi problem tersebut, Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik ini sudah menyiapkan visi misi Gresik Mentas (Menuju Tuntas) yang berisikan program-program solutif sekaligus bangkit dari keterpurukan.

Lebih lanjut, sebagai bukti keberpihakan terhadap petambak, saat mendaftar Cabup di PAN dan PPP dirinya mengajak puluhan tukang englek (angkut) bibit ikan dan komunitas Vespa.

“Teman-teman Vespa simbol santai. Representasi anak muda. Sementara tukang englek sebagai pesan gagasan ke depannya kita akan memperhatikan nasib teman-teman petambak di Kabupaten Gresik,” tegas pria asal Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar.

Bacabup Gresik M. Syahrul Munir saat menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua DPC PPP Gresik Khoirul Huda. (Foto: Khanif Rosidin/Infogresik)
Bacabup Gresik M. Syahrul Munir saat menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua DPC PPP Gresik Khoirul Huda. (Foto: Khanif Rosidin/Infogresik)

Selain persoalan pupuk bersubsidi untuk petambak, Syahrul juga menyoroti persoalan tingginya anak putus sekolah dan pengangguran yang ada di Kabupaten Gresik. Kondisi inilah yang mendorong dirinya untuk bersemangat membangun koalisi dengan PAN dan PPP meskipun PKB sudah memiliki 14 kursi di DPRD Gresik atau bisa mencalonkan pasangan Cabup-Cawabup sendiri.

“Mari bersama-sama membangun Gresik,” ajaknya.

Usai menyerahkan berkas di kantor PAN Gresik, Syahrul juga memberikan hadiah Vespa untuk pengurus PAN.

Sementara, Ketua DPD PAN Gresik Faqih Usman mengatakan hingga saat ini sudah ada 2 orang yang mendaftar Cabup di partainya, yakni dr. Asluchul Alif dan M. Syahrul Munir.

“Keduanya memiliki peluang yang sama. Nanti yang menentukan tergantung DPP PAN,” ujarnya.

Hal demikian juga disampaikan oleh Ketua DPC PPP Gresik Khoirul Huda. Saat ini partainya sudah menerima 2 orang yang mendaftar sebagai Cabup.

“Kami membuka pendaftaran hingga tanggal 31 Mei 2024. Kalau tidak ada yang mendaftar ya kami kirimkan rekomendasi nama Mas Alif dan Mas Syahrul,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar