Batik Motif Kelelawar, Cara Siswa MA Ma’arif Miftahul Ulum Melirang Angkat Potensi Lokal

oleh Khanif Rosidin
Tim Infogresik bersama siswa MA Ma'arif Miftahul Ulum saat proses membatik. (Foto: Khanif Rosidin/Infogresik)

INFOGRESIK – Siswa Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif Miftahul Ulum Desa Melirang, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik punya cara tersendiri dalam mengenalkan potensi lokal, yakni dengan membuat batik.

Uniknya, batik tulis buatan para siswa ini mempunyai motif kelelawar, yang terinspirasi dari goa kelelawar, yang ada di Desa Melirang.

Kepala MA Ma’arif Miftahul Ulum, M. Ghozali melalui Waka Kesiswaan Noura Nahdliyah mengatakan bahwa, kegiatan membatik merupakan salah satu dari program vokasi yang masuk dalam mata pelajaran kewirausahaan.

“Kegiatan magang vokasi membatik dengan motif kelelawar ini membuat 25 buah untuk seragam guru. Sebelumnya juga pernah dibeli Kepala Desa Melirang M. Muwaffaq,” ungkapnya, Rabu (21/12/2022).

Batik karya siswa MA Ma'arif Miftahul Ulum saat dibeli Kepala Desa Melirang M. Muwaffaq melalui Waka Kesiswaan Noura Nahdliyah pada Juli lalu. (Foto: Istimewa/Infogresik)
Batik karya siswa MA Ma’arif Miftahul Ulum saat dibeli Kepala Desa Melirang M. Muwaffaq melalui Waka Kesiswaan Noura Nahdliyah pada Juli lalu. (Foto: Istimewa/Infogresik)

Proses pembuatan batik kelelawar sendiri sudah dimulai sejak Sabtu 17 sampai 24 Desember. Adapun prosesnya mulai dari membuat desain, melukis kain, menutupi bagian putih, pewarnaan, melukis kembali, menghilangkan lilin, membatik lagi, rebus kain, hingga mencuci kain batik.

“Seluruh proses membatik dilakukan di sekolah,” jelasnya.

Ditambahkan Ghozali, selain program vokasi membatik, juga ada vokasi pengelasan dan fotografi. “Program magang vokasi ini sebagai tambahan nilai praktik setelah ujian yang nantinya dimasukkan ke raport,” pungkasnya.

Berita Terkait

1 komentar

Halimi Hasyim 22/12/2022 - 3:19 am

بارك الله فيكم جميعا

Balas

Tinggalkan Komentar