INFOGRESIK – Inovasi dilakukan DPRD Gresik untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi dan aduan masyarakat. Salah satunya melalui peluncuran kanal aduan berbasis website E-ASMARA (Aspirasi Masyarakat Gresik) serta pembukaan posko aduan offline setiap hari Kamis.
Peluncuran ini dilakukan langsung oleh Ketua DPRD Gresik M. Syahrul Munir, didampingi Wakil Ketua DPRD Mujid Riduan, Ketua Komisi I Rizaldi Saputra, dan Ketua Komisi IV Muchamad Zaifudin, Kamis (6/11/2025).
Ketua DPRD Gresik Syahrul Munir menyampaikan, masyarakat kini bisa menyampaikan aduan secara daring terkait pelayanan publik maupun penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui kanal https://easmara.gresikkab.go.id/.
“Di situ masyarakat bisa langsung menyampaikan aduan secara online. Tapi bagi yang ingin datang langsung ke kantor DPRD Gresik, kami fasilitasi setiap hari Kamis,” ujar Syahrul usai peluncuran.
Baca juga: Wujudkan Good Governance, DPRD Gresik Jalin Sinergi dengan Kejari
Syahrul menambahkan, setiap aduan yang masuk akan dicatat dalam sistem agar dapat dimonitor hingga tuntas.
“Tidak ada syarat khusus, yang penting warga Gresik. Untuk jamnya mengikuti jam kerja,” ungkapnya.
Politikus asal Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar itu menjelaskan, selama ini anggota dewan memang sudah banyak menerima aduan masyarakat, baik melalui media sosial maupun nomor pribadi. Namun sifatnya masih perorangan.
“Melalui E-ASMARA ini, kami bisa memantau setiap aduan hingga tindak lanjutnya. Semuanya juga bisa diketahui publik sebagai bentuk keterbukaan pelayanan,” tegasnya.

Senada, Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan menyebut program ini masih dalam tahap awal sehingga perlu penyempurnaan.
“Kami tentu sangat berharap masukan dari masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Komisi I Rizaldi Saputra menambahkan, setiap warga yang menyampaikan aduan diwajibkan mengisi biodata lengkap—mulai dari nama, alamat, hingga email.
“Selama ini banyak aduan tanpa identitas yang sulit ditindaklanjuti. Karena itu, kami mewajibkan data pengadu harus jelas,” tuturnya.
